Pantai Trikora, Bintan

Di bulan April 2017 ini, banyak terdapat liburan dikarenakan tanggal merah. Daripada bosan di rumah, akhirnya kami pergi ke Bintan, Kepulauan Riau. Saya kira, di pulau ini sangat sepi dan tidak ada yang menarik. Namun, perkiraan saya salah besar. Pulau ini dipenuhi oleh ribuan penduduk, juga tidak jarang terlihat turis asing yang bereda di Lagoi. Oke. Sudah cukup basa-basinya. Sekarang kita terfokus ke Pantai Trikora.

Pantai Trikora adalah pantai yang berada di Pulau Bintan, Kepulauan Riau, Indonesia. Pantai yang terletak di Desa Malang Rapat, Kecamatan Gunung Kijang, Kepulauan Riau ini berjarak 45 KM ke arah timur dari ibukota provinsi Kepulauan Riau, Tanjungpinang. Salah satu keunikan pantai Trikora adalah tempat tersebut memiliki bebatuanDSC_9397 – bebatuan dengan berbagai ukuran yang tersebar secara alamiah di sepanjang pantai tersebut. Sekilas, saya merasa saya sedang berada di Belitung. Namun, saya baru tahu bahwa Bintan juga memiliki pantai yang dipenuhi oleh bebatuan seperti ini. Ternyata, dengan adanya bebatuan yang sangat bervariasi dan ranting photon yang menjalar dimana-mana, terdapat ‘ayunan’ yang berupa tali tambang diikatkan kepada batang pohon. Sekedar info, pantai ini berjarak kurang lebih 25 KM.

Menurut cerita masyarakat setempat, nama Trikora berasal dari Three Corra, yang diberikan oleh wisatawan asing yang sedang berkunjung. Versi lainnya menyatakan bahwa Trikora berhubungan dengan Tri Komando Rakyat. Tri Komando Rakyat adalah dimana pada saat pemerintahan presiden Soekarno tengah hangat beredar isu tentang Ganyang Malaysia, dan pantai ini merupakan basis pertahanan wilayah terluar Indonesia pada masa itu karena berada pada garis perbatasan Indonesia-Malaysia.DSC_9419

Di sekitar pantai Trikora, terdapat resort – resort mewah, makanan yang beragam, seperti seafood dan sejenisnya. Juga terdapat paket tur untuk menelusuri pulau-pulau tidak berpenghuni yang ada di sekitar pantai tersebut.

Saat berkunjung ke pantai ini, saya dan keluarga memakan di salah satu restoran bernama ‘bebakaran’. Resto yang menyajikan berbagai macam seafood ini sangat cocok jika disertai dengan pemandangan laut yang indah. Serta, di daerah resto tersebut terdapat resort yang cocok untuk menikmati pemandangan dan kesunyian.

Tips dari Keisha:

  • Pakailah pakaian yang santai, dan juga jangan pakai pakaan yang tebal karena suhu di pantai ini lumayan panas.
  • Bawalah kamera! Hampir di setiap sudut pantai Trikora bagus untuk difoto.
  • Fun Fact : Di daerah sekitar pantai ini, banyak pedagang yang dapat menerima Singapore dollar. Namun tidak sedikit juga yang menolak pembayaran dengan mata uang tersebut.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s